Valentine Day: Sebuah Tinjauan dalam Paradigma Islam

on Rabu, 26 Mei 2010

 Valentine Day. Hmmmm... sudah sering kita dengar,, atau bahkan mungkin kita pula ikut marayakannya. emmmm... lalu sebenarnya bagaimana sih pandanagan Islam terhadap 'Harinya Pak Valentine' ini? Hmmmmm.... simak aja deh tulisan ane berikut ini. Barangkali bisa sedikit mencerahkan....

 *******
 
Valentine Day. Hari kasih-sayang (katanya sich..). Hari di mana kita mengungkapkan dan mencurahkan kasih sayang kita pd orang-orang2 yang kita cintai. Valentine Day (VD) biasanya diperingati pada tgl 14 Feb ruaritiap tahunnya oleh kebanyakan kaum muda mudi di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Tak jelas, kapan persisnya tradisi ini mulai masuk ke Indonesia dan bagaimana sejarahnya.

Ada beberapa versi menyebutkan, VD bermula dari perayaan keagamaan umat Nasrani untuk memperingati keruntuhan Islam di Spanyol yg runtuh pada 14 Februari 1492. Dinamakan har kasih sayang karena mereka menganggap Islam sebagai agama pembawa kedzaliman..!
Versi laen menyebutkan bhw VD, yg dikaitkan dg pesta jamuan 'supercalis' bangsa Romawi Kuno, diadakan guna memperingati kematian St.Valentine.

Dari itu semua, jelas sudah bahwa tradisi ini bukanlah berasal dari ajaran Islam, melaikan datangnya dari agama Nasrani. Kita sebagai seorang muslim, HARAM hukumnya ikut2an merayakannya. Jika kita ikut2an merayakannya berarti kita termasuk golongan agama tsb. Rasulullah SAW telah bersabda, "Barang siapa yg meniru perbuatan suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tsb." (HR.Tirmidzi). Sementara agama yg diridhoi Allah SWT hanyalah Islam. Innaddinna indallahil islam. Allah SWT berfirman, "Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidak diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat kelak termasuk orang2 yang rugi" (Q.S. Ali Imron: 86)

Selain itu, perayaan VD tiadalah dicontohkan oleh Rasul dan para sahabatnya. Islam hanya membolehkan pengikutnya merayakan dua hari raya saja, yaitu Idul Fitri dan Idul Qurban. Selebihnya tidak boleh. Mengada-adakan perayaan terhadap hari2 tertentu (selain yg dicontohkan tsb) adalah bid'ah, bid'ah itu sesat, dan kesesatan akan membawa Qt kepada Neraka. Na'udzubillah.

Perlu diingat, bahwa perayaan VD sarat akan kemudhorotan, kemaksiatan, dan pemborosan. VD dijadikan ajang muda mudi untuk berkumpul, pesta pora di tempat2 hiburan, pelampiasan nafsu syahwat, dan beragam kemaksiatan lain.

Maka dari itu, sebagai umat muslim, haram hukumnya ikut merayakan Valentine Day. Karena perayaan tsb sama sekali tidak ada dalam Islam. Janganlah kita terjerumus pada taklid yg membabi buta yg akan membawa kita dlm kesesatan. Sadarlah hai Saudaraku..! Ini semua adalah sebagian kecil dari konspirasi 'mereka' untuk menghancurkan Islam. "Orang2 Yahudi dan Nasrani tdk akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti agama mereka" (Q.S. Al-Baqoroh: 120). Maka berhati-hatilah. Wallahu'alam bisshowwab.

0 komentar:

Posting Komentar